Pertemuan 8 || Piranti Interaktif

Piranti Input/Output

Didalam konteks IMK, suatu pirnati memungkinkan komunikasi antara manusia dan komputer melalui beberapa saluran komunikasi fisik.

Contoh Piranti Input disini adalah Keyboard








Tombol pada papan ketik Keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian :

  1. Tombol Fungsi (function key)
  2. Tombol Alphanumerik (alphanumeric Key)
  3. Tombol Kontrol (control key)
  4. Tombol Numerik (numeric key)

Jenis-jenis tata letak papan ketik keyboard yaitu :

  1. Tata letak QWERTY
  2. Tata letak Dvorak
  3. Tata letak Alphabetik
  4. Tata letak Klockenberg
  5. Papan ketik untuk penyingkatan kata
  6. Papan tombol numerik

 

Pemilihan Piranti (Cocok dengan pekerjaan)

 

 

Pemilihan Piranti (cocok dengan user)

  • Aspek penting dari piranti masukan adalah hubungan gerakan fisik dari piranti dan kegiatan yang khas pada antarmuka.
  • Langsung vs Tidak Langsung
  • Absolut vs Relatif
 

 Panduan Memilih Piranti

  • Pertimbangan karakteristik dari user sekarang dan masa datang.
  • Cocokkan karakteristik piranti masukan terhadap persyaratan yang diminta.
  • Pertimbangan penelitian sebelumnya dan unjuk kerja user.
  • Ujilah piranti masukan didalam lingkungan kerja.
  • Optimumkan sifat-sifat piranti yang mudah dimodifikasi.

Masukan Berbentuk Suara (Voice Input)
Terdapat 2 kategori utama dari piranti masukan berbentuk suara :
  • Piranti pengenalan kata (word recognition)
  • Piranti pengenalan kalimat (speech recognition)
 
Pengambilan Gambar Terformat
Yang digunakan untuk mengambil citra terformat, bentuk dan format hurufnya sudah ditentukan.

Pengambil Gambar tak Terformat
Yang digunakan untuk mengambil gambar atau citra yang belum memiliki format baku.

Layar Tampilan terdiri dari Pengingat digital (frame buffer, dan Pengendali tampilan (display controller).

Piranti Keluaran (Output) :Layar Tampilan
Layar tampilan adalah sumber utama informasi dan harus diakui memiliki keterbatasan dibandingkan kertas. Pada dasarnya semua layar ttampilan memiliki 3 komponen utama, yaitu : pengingat digital, layar penampil, dan pengendali tampilan.

Komentar