Ragam Dialog adalah cara pengorganisasian berbagai teknik dialog interaktif yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara manusia dengan komputer.
Tujuan perancangan antarmuka dengan berbagai dialog pada dasarnya adalah untuk mendapatkan satu kriteria yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah program aplikasi, yakni aspek ramah dengan pengguna (User Friendly).
Beberapa Sifat Penting Ragam Dialog
- Inisiatif
- Keluwesan
- Kompleksitas
- Kekuatan
- Beban Informasi
- Konsistensi
- Umpan Balik
- Observabilitas
- Efisiensi
- Keseimbangan
Ragam Dialog Interaktif
- Dialog Berbasis Perintah Tunggal
- Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman
- Antarmuka Berbasis Bahasa Alami
- Sistem Menu
- Dialog Berbasis Pengisian Borang
- Antarmuka Berbasis Ikon
- Sistem Windows
- Manipulasi Langsung
- Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
Karakteristik Ragam Dialog Yang Baik (Neilsen)
- Menggunakan Urutan Dialog Yang Simpel dan alami
- Menggunakan bahasa user
- Meminimalkan user memory card
- Konsisten
- Menyediakan Feedback
- Menyediakan Shortcuts
- Menyediakan pesan error yang baik
- Mencegah error
Dialog Berbasis Perintah Tunggal
Perintah-perintah tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai, dan berada dalam domain yang disebu bahas aperintah (command language)
Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman
Merupakan ragam dialog yang mengkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah kedlam suatu berkas yang sering disebut bacth file.
Dialog Berbasis Alami
Pada dialog berbasis bahasa alami pengguna menggunakan instruksi-instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum sifatna, pengguna dapat secara bebas memberikan instruksinya dengan kalimat-kalimat yang lebih "Manusiawi".
Sistem Menu
Menu adalah sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas. Berdasarkan teknik penampilan pilihan-pilihan, dikenal 2 sistem menu : Menu datar dan Menu tarik (pulldown).
Sistem menu datar adalah sistem menu yang menampilkan semua pilihan secara lengkap.
Sistem menu tarik adalah sistem menu yang akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu.
Dialog Berbasis Pengisian Borang
Teknik dialog berbasis pengisian borang (form filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan suatu bentuk borang yang ada di layar komputer yang mereka gunakan.
Dialog Berbasis Ikon
Adalah ragam dialog yang banyak menggunakan simbol-simbol dan tanda-tanda untuk menunjukkan suatu aktifitas tertentu.
Sistem Penjendelaan
Jendela (Window) adalah bagian dari layar yang digunakan untuk menampilkan informasi.
Manipulasi Langsung
Ragam dialog yang menyajikan langsung suatu aktifitas oleh didtem kepada pengguna sehingga aktifitas itu akan dikerjakan oleh sistem komputer ketika pengguna memberikan langsung instruksi lewat manipulasi langsung dari semacam kenyataan maya (virtual reality) yang terpampang lewat tampilan yang muncul di layar.
Dialog Berbasis Interaksi Grafis
Secara umum, keuntungan dan kerugian teknik antarmuka berbasis interaksi grafis sama dengan keuntungan dan kerugian menggunakan manipulasi langsung.
Komentar
Posting Komentar